QUERY LANGUAGE MENGGUNAKAN MySQL

Written by Shendriati Lombe on Senin, 21 Mei 2012 at 06.45



QUERY LANGUAGE MENGGUNAKAN MySQL

Pengertian Structured Query Language (SQL)

Structured Query Language disingkat SQL adalah bahasa standar yang digunakan dalam database management system(DBMS) untuk berkomunikasi dengan basis data atau database, yang meliputi perintah-perintah untuk mengganti isi atau memodifikasi struktur database, mengganti setting dan membuat sistem security data, memberi dan menentukan wewenang user pada database atautabel, mentransfer data dari satu database ke database lain,menangani proses transaksi dalam suatu aplikasi.
Database itu sendiri dapat dianggap sebagai suatu penyusunan data agar dapat diakses dengan mudah dan cepat, yang disimpan secara terstruktur dalam suatu media pengingat yang sering disebut dengan harddisk. Database merupakan sekumpulan data yang terdiri atas satu atau lebih tabel yang terintegrasi satu sama lain dan disimpan dengan beberapa cara pengorganisasian, dimana setiap pemakai (user) diberi wewenang (otorisasi) untuk dapat mengakses (mengubah, mengubah, menganalisis, menambah,serta memperbaiki) data dalam tabel-tabel tersebut.
Database Management System (DBMS) dapat melakukan pekerjaan untuk menambah, menghapus, memanipulasi sertamemperoleh data atau informasi berdasar perintah SQL yang diberikan melalui sebuah aplikasi yang berupa program developmenggunakan Visual Studio, .NET, Java, Phyton, Borland dan bahasa program lainnya. Jika ingin mendapatkan suatu informasi,maka perintah SQL tersebut diketikkan pada aplikasi database.Perintah-perintah tersebut akan diteruskan ke DBMS untuk diproses.Pada saat DBMS melakukan tugasnya, DBMS tersebut akanmengambil atau memanipulasi data-data dalam database sesuai perintah SQL yang diterimanya, dan kemudian memberikan ataumengembalikan data yang telah diproses.

Sejarah Structured Query Language (SQL)

Pertengahan tahun 1970-an, vendor database berlomba-lomba mengimplementasikan database relational yang berbasiskanmodel relational. IBM sendiri tengah mengembangkan produk relasionalnya yang bernama System/R, untuk bahasa querynya IBM menciptakan SEQUEL. Ciri-ciri bahasa ini adalah mirip bahasa Inggris, Deklaratif, dan high level yang mirip dengan bahasa pemrograman COBOL.
Ternyata System/R tidak sukses di pasaran, sehingga IBM pada tahun 1979 menciptakan produk database relasional yang lainyaitu DB/2. Namun bahasa SEQUEL ternyata diminati oleh vendor lain seperti Oracle dan Ingres yang akhirnya diubah menjadi SQLoleh IBM.Awal tahun 1980-an sudah ada produk database yangmenggunakan SQL. Badan standar Amerika, ANSI akhirnyamengadopsi SQL menjadi standar tahun 1986. Satu tahun kemudianISO mengangkat SQL sebagai bahasa standar. Standar pertama inisering disebut SQL-86 atau SQL-87.Standar berikutnya adalah SQL-89 yang merupakan versiminor dari SQL-87. dokumen standar SQL-89 (belum schema, fullouter join, dan cascade update/delete untuk foreign key constraint.SQL-92 merupakan generasi kedua standar SQL dan sering disebutSQL2, penambahannya antara lain : information schema, berbagaitipe join, union di view, tipe-tipe data tanggal, domain, ALTER TABLE, CASE.SQL-1999 merupakan generasi ketiga standar SQL dandijuluki SQL3, penambahan fiturnya antara lain tabel inheritance,tipe data komposit (array, row) dan tipe data referensi (pointer),recursive query, regex, trigger, tipe data Boolean dan savepoint.SQL:2003 merupakan standar SQL yang berkaitan dengan XML.

MySQL sebagai bahasa Structured Query Language (SQL)

MySQL merupakan salah satu database relasional yang mendukung pemakaian Structured Query Language (SQL) dan dirancang untuk penggunaan aplikasi dengan arsitektur client-server, yang memungkinkan pengguna untuk mengolah data di dalam database tersentral pada komputer pusat yang disebut dengan server. Sedangkan informasi yang dihasilkan dapat digunakan bersama-sama oleh beberapa user didalam komputer lokalnya yang disebut client). Pada awalnya MySQL dioperasikan hanya pada satu platform saja. Namun seiring perkembangan teknologi, makaMySQL dapat dioperasikan ke dalam berbagai platform sepertiWindows, Linux dan Free BSD.
Kecepatan akses MySQL dan kemampuannya untuk integrasi ke dalam berbagai bahasa pemrograman yang menjadikannya standar dalam pemrograman.
MySQL dapat dengan bebas didownload melaluihttp://www.mysql.com atau melalui server terdekat denganIndonesia, antara lain http://mysql.hjc.edu.sg (Singapura), http://mysql.ntcu.edu.tw(Taiwan), danhttp://mirror.aarnet.edu.au/mysql(Australia).Pada platform sistem operasi Linux, MySQL merupakan paket aplikasi database yang sangat populer dan hampir setiap distroLinux telah membundlenya. Untuk masing-masing distro telahmemaketkan sesuai jenis distronya, misalkan debiat / ubuntu (*.deb), Mandriva, OpenSuse (*rpm) dan lain sebagainya. Untuk mempermudah pengaturan juga telah disediakan MySQL Admindalam versi GUI, sehingga kita tidak perlu report harusmenghafalkan sintax-sintax SQL

                              Gambar  MySQL Monitor

Sedangkan untuk dapat mencoba mengoperasikan perintah- perintah SQL dapat menggunakan MySQL Monitor.

Bahasa SQL

Dalam SQL terdapat tiga subbahasa, yaitu:
§  Data Definition Language (DLL) yang digunakan untuk membangun objek-objek dalam database, seperti tabel dan indeks;
§  Data Manipulation Language (DML) yang digunakan untuk menambah, mencari,mengubah dan menghapus baris dalam tabel; dan
§  Data Control  Language (DCL) yang digunakan untuk menangani masalah sekuritidalam database.
Ketiga komponen ini dapat diakses setelah database dibuka atau dipanggil.

Hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan database adalah penulisan nama database tidak diperbolehkan menggunakan spasi dan karakter non standar. Bentuk penulisan perintah untuk membuat database baru adalah :
Create database nama_databases;
Untuk membuat database latihan:
create database latihan;
Sedangkan untuk melihat keseluruhan database dapat digunakan perintah :
shows databases;
Untuk memanggil atau menggunakan database digunakan perintah:
use nama_database;
Untuk menggunakan database latihan:
use latihan;
Untuk menghapus database digunakan perintah:
drop database nama_database;
Untuk menghapus database latihan:
drop database latihan;

Sintak Data Definition Language (DLL)
Sintak Data Definition Language terdiri atas create, alter,dan drop. DDL bertugas untuk membuat objek SQL danmenyimpan definisinya dalam tabel. Contoh obyek yang dimaksud adalah tabel, view, dan index. Pembuatan tabel, serta perintah untuk menghapus tabel, dilakukan dengan subbahasa yang tergolong dalam DDL.
a. Membuat Tabel
    Struktur penulisan:
create table nama_table (nama_fieldtype, …);
    Sintaks membuat tabel produk :
create table produk (namavarchar(25), harga bigint);
b. Mengganti nama table
    Struktur penulisan:
          altertable nama_table_lama renamenama_table_baru;
   Sintaks mengganti tabel produk menjadi tabel barang:
alter table produk rename barang;
c. Menghapus table
   Struktur penulisan:
droptable nama_table;
Sintaks menghapus tabel barang:
drop table barang;

Sintak Data Manipulation Language (DML)
Data Manipulation Language (DML) terdiri dari select, update, insert, dan delete
Ø Memasukkan data (insert)
Ada dua perintah yang dapat digunakan untuk memasukkandata ke dalam tabel:
insert into nama_table values (isi_field1, isi_field2, ...,isi_fieldn);
Contoh:
insert into barang values (‘Buku’,45000);
Jenis perintah yang kedua:
insert into nama_table (nama_field1,nama_field2, ..., nama_fieldn) values(isi_field1, isi_field2, ...,isi_fieldn);
Contoh:
insert into barang (nama, harga)values (‘Buku’, 45000);

Menampilkan data (select)

Perintah select digunakan untuk menampilkan data. Perintah ini hampir 90% digunakan dalam pemakaian database MySQL untuk menampilkan informasi berdasarkan criteria dan urutan tertentu.
Struktur penulisan:
select [fields] from [nama_tabel]where [kondisi]order by [nama_field] group by [nama_field] asc|desclimit [batasan];

Setelah penulisan select, [fields] dapat diganti dengan menyebutkan satu nama field saja atau beberapa field sekaligus yang dipisah dengan tanda koma (,), penulisanf ield-field tersebut digunakan untuk memunculkan data dari kolom mana saja yang akan ditampilkan. Jika seluruh kolom akan ditampilkan, dapat menggunakan tanda asterik (*)untuk mewakilinya.
Kemudian perintah dilanjutkan dengan penulisan from [nama_tabel], yang dimaksudkan untuk menyebutkan nama tabel yang akan digunakan sebagai sumber untuk menampilkan kolom-kolom yang telah disebutkan sebelumnya.
Contoh penulisan:
select * from produk;select nama, harga from produk;
Sedangkan pada baris where [kondisi], dituliskan kriteria apa saja yang disyaratkan untuk menampilkan data.
Contoh :
untuk menampilkan produk pasta gigi:
select * from produk where nama =‘Pasta Gigi’;
Klausa
order by digunakan untuk mengurutkan hasil. Untuk mengurutkan berdasarkan urutan terkecil ke besar dapat menggunakan asc (ascending), sedangkan untuk mengurutkan data yang terbesar ke yang kecil digunakandesc (descending).
         Contoh :
select * from produk order by namadesc;

Ø Mengubah data (Update)
Digunakan untuk proses update (memperbaharui data) agar sesuai dengan kondisi yang diinginkan.Struktur penulisan:
update nama_tabel setnama_field1=isi_baru1,nama_field2=isi_baru2,...,nama_fieldn=isi_barunwhere kriteria;
Contoh:
untuk mengubah nama produk pasta gigi menjadiodol:
update produk set nama=”Odol” wherenama=”Pasta gigi”;
Ø Menghapus data (Delete)
Digunakan untuk menghapus data apabila terdapat kesalahan data atau data sudah tidak dipakai lagi.Struktur penulisan:
delete from nama_tabel where kriteria;
Contoh:
untuk menghapus nama produk pasta gigi:
delete from produk where nama=”Pastagigi”;


Sintaks Data Control Language (DCL)
DCL (Data Control Language) merupakan sebuah metode query untuk memberikan otorisasi hak mengakses database,  mengalokasikan space, pendefinisian space, dan penggunaan database. DCL antara lain:
  • GRANT : untuk mengijinkan user untuk mengakses database
  • REVOKE GRANT : untuk membatalkan hak akses user
  • COMMIT : untuk menetapkan penyimpanan database
  • ROLLBACK : untuk membatalkan penyimpanan database

CONSULE
Untuk latihan Query pada Linux, kita menggunakan fasilitas Console.
Caranya:
1. Pastikan Console sudah terbuka.
2. Untuk bisa menuliskan Query Anda harus mendapat bantuan fasilitas dari mysql. Untuk itu ketikkan
perintah berikut didalam console : /opt/lampp/bin/mysql
3. Maka akan tampil, tulisan seperti gambar dibawah :

Gambar 1. Tampilan Console yang siap dimasukkan perintah mysql
4. Maka Anda sekarang sudah bisa memulai latihan Query.
Latihan Query mySqPlHP

 Ingat, setiap penulisan Query didalam Console harus selalu diakhiri
dengan tanda titik koma (;).

Contoh tabel yang saya buat dengan Consule:




PhpMyadmin
Pada awalnya para programmer web dalam membuat atau mengelola suatu database
dilakukan pada console (pada sistem operasi Linux) atau dos-prompt (pada sistem operasi
Windows). Semenjak adanya paket yang menyatukan antara Apache-MySQL-PHP, yaitu
salah satunya PHPTriad, sehingga untuk melakukan pembuatan dan pengelolaan database
dapat dilakukan pada browser, yaitu yang dikenal dengan phpmyadmin. Xampp pun
menyediakan folder phpmyadmin yang berfungsi dalam pembentukan dan pengelolaan
database pada browser Adapun alamat url phpmyadmin pada xampp dioperating sistem
Linux ataupun Windows, adalah sebagai berikut: http//localhost/phpmyadmin/
Tampilan phpmyadmin pada browser:



                                                  Gambar 6.1 phpMyadmin

 PROSES KERJA
Untuk menampilkan phpmyadmin, Anda harus mengaktifkan MySQL pada kotak dialog
Xampp Control Panel Application, yang tampilannya seperti berikut:
Gambar 6.2 Xampp Control Panel Application

Setelah mengaktifkan MySQL, maka langkah berikutnya yaitu membuka alamat url
http://localhost/phpmyadmin/ pada browser.
Di dalam phpmyadmin dalam proses pembuatan dan pengelolaan database dapat dilakukan
secara grafis atau pun secara manual dengan cara memasukkan perintah-perintah SQL,
baik yang bersifat DDL ataupun DML.
Untuk lebih jelasnya, akan dibuat sebuah database baru dengan menggunakan 2 cara,
yaitu: cara manual dan dilakukan secara grafis.
Secara grafis:
1.  Masukkan nama database yang akan Anda buat pada bagian "Create new database",


misalnya dengan memasukkan database baru dengan nama .
2. Klik tombol "Create", langkah berikutnya adalah membuat tabel dan berapa jumlah field yang dibutuhkan. Misal: membuat tabel tdbbaru dengan jumlah field 5 pada database
bukualamat. Cara kerjanya, yaitu:
• Pada bagian "Create new table on database dbbaru". Masukkan nama tabel tdbbaru. Di bagian Name dan masukkan jumlah field di bagian "Number of fields", yaitu 5.








• Setelah itu klik tombol "Go" maka akan terlihat tampilan seperti berikut ini:
• Masukkan Nomor pada bagian "Field" dan pada bagian "Type" pilih lnt serta pada bagian "Extra" pilih auto_increment (akan tampil urutan nomor secara otomatis tanpa harus menginputnya), klik radiobutton di bagian ”Primary Key”.
• Field berikutnya yang akan dibuat adalah NIP, pilih Varchar pada bagian ”Type” dan masukan nilai 10 pada bagian ”Length/Values”.

• Klik tombol "Save" untuk menyimpan tabel yang telah dibuat.
·  Maka akan muncul tabel, kemudian isikan tabel kolom tersebut sesuai dengan data yang ingin kita masukkan, seperti gambar di bawah ini:
 


·  Setelah itu, klik Go. Tabel anda sudah dibuat.

Secara manual:
1.     Klik icon maka akan tampil halaman bam seperti terlihat pada gambar ini:
Gambar 1.4 Membuat Table dengan Sistem Manual
2. Pada bagian "Run SQL query/queries on server localhost" masukkan perintah SQL
seperti berikut: Create database dbbaru Setelah itu klik tombol "Go".
3. Berikutnya membuat tabel tdbbaru dengan field Nomor dan Nama. Cara membuatnya
dengan perintah SQL:
Create table tdbbaru (Nomor Int(5) auto_increment primary key, nama
Varchar(25))
Klik tombol "Go" untuk memproses perintah SQL tersebut.

Contoh tabel  yang dibuat dengan PhpMydmin:

1.     Tabel Belanja



2.     Tabel Mahasiswa
                                     
      
3.     Tabel Karyawan
                            
                                 



0 Responses to "QUERY LANGUAGE MENGGUNAKAN MySQL"

Diberdayakan oleh Blogger.

Pages

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Configure your calendar archive widget - Edit archive widget - Flat List - Newest first - Choose any Month/Year Format

Followers

About the author

This is the area where you will put in information about who you are, your experience blogging, and what your blog is about. You aren't limited, however, to just putting a biography. You can put whatever you please.