MERANCANG APLIKASI
BERBASIS DATABASE MENGGUNAKAN ERD ATAU CLASS DIAGRAM-UML
CLASS
DIAGRAM
l Menggambarkan
Objek/Class Pada Sistem
Contoh
:
Object Class Program
Tabel Data Pada Database
OBJECT - CLASS DIAGRAM
l Attribut
l Operation/Function/Method
l RelationShip
l Note / Keterangan (Optional)
KARDINALITAS
RELATION – CLASS DIAGRAM
kardinalitas
|
Arti
|
Keterangan/Contoh
|
0..1
|
Kosong
atau satu
|
|
0..*
|
Lebih dari sama dengan kosong
|
|
0..n
|
Lebih dari sama dengan n, dimana n
lebih dari 1
|
0..3
|
1
|
Hanya
satu
|
|
1..*
|
Lebih dari sama dengan satu
|
|
1..n
|
Lebih dari sama dengan satu dimana n
lebih dari satu
|
1..5
|
*
|
Banyak
atau Many
|
|
N
|
Hanya
N, dimana N lebih dari satu
|
9
|
n..*
|
Lebih dari sama dengan N dimana N
lebih dari satu
|
7..*
|
n..m
|
Lebih dari sama dengan N dan kurang
dari sama dengan M. Dimana M dan N lebih dari satu.
|
3..10
|
INDIKATOR VARIABLE – CLASS DIAGRAM
+
|
Public
|
|
#
|
Protected
|
|
-
|
Private
|
|
$
|
Static
|
|
/
|
Drived
|
Atribut tidak standar
|
*
|
Abstrak
|
Fungsi tidak standar
|
UML
(Unified Modeling Language)
UML (Unified Modeling Language)
merupakan pengganti dari metode analisis berorientasi object dan design
berorientasi object (OOA & OOD) yang dimunculkan sekitar akhir tahun 80-an
dan awal tahun 90-an.
UML merupakan gabungan dari
metode Grady Booch (Booch Method), James Rumbaugh (OMT) dan Ivar Jacobson
(OOSE). Tetapi UML ini akan mencakup lebih luas daripada OOA&D. Pada
pertengahan pengembangan UML dilakukan standarisasi proses dengan OMG (Object
Management Group) dengan harapan UML akan menjadi bahasa standar pemodelan
pada masa yang akan datang.
UML disebut sebagai bahasa
pemodelan bukan metode. Kebanyakan metode terdiri paling sedikit prinsip,
bahasa pemodelan dan proses. Bahasa pemodelan (sebagian besar grafik) merupakan
notasi dari metode yang digunakan untuk mendesain secara cepat.
Bahasa pemodelan merupakan
bagian terpenting dari metode. Ini merupakan bagian kunci tertentu untuk
komunikasi. Jika anda ingin berdiskusi tentang desain dengan seseorang, maka
Anda hanya membutuhkan bahasa pemodelan bukan proses yang digunakan untuk mendapatkan
desain.
UML merupakan bahasa standar
untuk penulisan Blueprint Software yang digunakan untuk Visualisasi (Visualize),
Spesifikasi (Specify), Pembentukan (Construct) dan
Pendokumentasian (Documentation) alat-alat dari sistem perangkat
lunak.
UML
merupakan suatu model eksplisit yang menggambarkan komunikasi informasi pada sistem. Sehingga kita tidak
kehilangan informasi code implementasi yang hilang
dikarenakan developer memotong coding dari implementasi.
1. Specifying, UML sebagai bahasa
untuk menspesifikasikan sistem
Maksudnya
membangun model yang sesuai, tidak ambigu dan lengkap. Pada faktanya UML
menunjukan semua spesifikasi keputusan analisis, desain dan implementasi yang
penting yang harus dibuat pada saat pengembangan dan penyebaran dari sistem
software intensif.
2. Constructing, UML sebagai bahasa
untuk membangun sistem
UML
bukan bahasa pemograman visual, tetapi model UML dapat dikoneksikan secara
langsung pada bahasa pemograman visual. Maksudnya membangun model yang dapat
dimapping ke bahasa pemograman seperti java, C++, VB atau tabel pada database
relational atau penyimpanan tetap pada database berorientasi object.
3. Documenting, UML sebagai bahasa
untuk pendokumentasian sistem
Maksudnya
UML menunjukan dokumentasi dari arsitektur sistem dan detail dari semuanya.UML
hanya memberikan bahasa untuk memperlihatkan permintaan dan untuk tes. UML
menyediakan bahasa untuk memodelkan aktifitas dari perencanaan project dan manajemen pelepasan (release management).
- Ø Area dan Tujuan Penggunaan UML
UML
(Unified Modeling Language) digunakan paling efektif pada domain seperti:
- Sistem Informasi Perusahaan
- Sistem Perbankan dan Perekonomian
- Bidang Telekomunikasi
- Bidang Transportasi
- Bidang Penerbangan
- Bidang Perdagangan
- Bidang Pelayanan Elekronik
- Bidang Pengetahuan
- Bidang Pelayanan Berbasis Web Terdistribusi
UML
tidak terbatas untuk pemodelan software saja. Pada faktanya UML banyak
digunakan untuk memodelkan sistem non-software seperti:
- Aliran kerja pada sistem perundangan.
- Struktur dan kelakuan dari Sistem Kepedulian Kesehatan Pasien
- Desain hardware dll.
Tujuan
penggunaan UML adalah, sebagai berikut:
- Memodelkan suatu sistem (bukan hanya perangkat lunak) yang menggunakan konsep berorientasi object
- Menciptakan suatu bahasa pemodelan yang dapat digunakan baik oleh manusia maupun mesin.
Entity
Relationship Diagram(ERD)
Sebelum
melakukan perancangan basis data dengan menggunakan ERD, maka terlebih dahulu
ditentukan entity-entity yang akan terlibat beserta atributnya masing-masing,
yaitu sbb :
1. Entity Passenger, Attribute : Nama, no.KTP,
alamat, Jenis kelamin, dan No. Telepon.
2. Entity Teller, Attribute: Nold dan Nama
3. Entity Data_Penerbangan, Attribute : No.penerbangan,Maskapai,kelas,asal,
tujuan,waktu dan harga tiket.
4.Entity
Tiket, Attribute, No.tiket,No.KTP, Nama,No.Penerbangan,Kelas,Asal,Tujuan, Tanggal,Pukul,dan
No.rekening
5. Entity Login, Attribute :User.Id,
dan Password
6. Entity Bank, Attribute :
NamaBank, Alamat, dan No. Rekening
Contoh
Kasus
reservasi tiket pesawat
Reservasi
tiket pesawat merupakan suatu proses pembelian tiket pesawat yang dillakukan
oleh passanger mulai dari melihat jadwal, pembayaran harga tiket, dan sampai
pada tiket yang sudah dicetak dan siap digunakan.
Bentuk
ERD
Bentuk
UML
passanger
|
+Noktp:string
+Nama:string
+Alamat:s:
tring
+Jeniskelamin:
string
+telepon:int
|
Teller
|
+no_id:int
nama:string
|
Data_penerbangan
|
+no_per:
int
+Maskapai:string
+kelas:string
+asal:string
+tujuan:string
+tanggal:date
+pukul:int
+harga
: int
|
tiket
|
+No_tiket:int
+no_telp:int
+nama:string
+no_per:int
+kelas:string
+asal:string
+tujuan:string
+tanggal:date
+pukul:int
+no_rek:int
|
Bank
|
+No_rek:int
+alamat:string
+nma_bank:string
|
login
|
+user_id:string
+password:string
|
Tabel